Kamis, 30 Mei 2013

Perkembangan kepribadian, salah satunya ditentukan oleh Pendidikan



Perkembangan kepribadian anak sangat ditentukan oleh pendidikan yang diterima dari orang tuanya di rumah. Rumah merupakan tempat belajar yang pertama bagi anak. Sekolah merupakan lembaga kedua yang memberikan andil besar dalam perkembangan kepribadian mereka.
Untuk itu pada usia awal anak masuk sekolah, peran hubungan antara guru dengan murid sangat menentukan. Guru di sekolah mengambil peran orang tua untuk melakukan transfer of knowledge, value and attitude. Maka guru di sekolah memiliki peran yang strategis dalam pengembangan kepribadian anak. Dengan demikian usia anak pada masa kanak sampai ke tingkat remaja akhir berada di dua wilayah yaitu rumah dan sekolah.

Oleh karena itu agar anak mengalami perkembangan kepribadian yang sehat, menurut seorang tokoh psikologi Elizabeth B. Hurlock seharusnya pendidikan yang didapatkan anak selaras atau sinkron dan terintegrasi antara pembinaan di rumah dengan di sekolah.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kebingungan yang pada akhirnya terjadi split personality (kepribadian ganda).
Elizabeth B. Hurlock memaparkan beberapa alasan tentang pentingnya lembaga pendidikan dalam pengembangan kepribadian.
1. Pertama, semua anak harus bersekolah, terlepas dari pilihan pribadi mereka masing-masing.
2. Kedua,pengaruh sekolah sangat signifikan pada tahap awal pembentukan konsep diri pada anak.
3. Ketiga, selain di rumah,anak menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah daripada di tempat lainnya.Sedangkan ketika anak mencapai usia remaja, mereka menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah daripada di rumah.
4. Keempat, sekolah memberikan kesempatan kepada anak untuk mendapatkan perkembangan dalam kehidupan,dan sekolah akan mempengaruhi kepribadian dengan menawarkan mereka kesempatan untuk meraih "kesuksesan".
5. Dan kelima, sekolah memberikan kesempatan awal yang ril kepada seseorang untuk menilai dirinya dan kemampuannya secara realistis, bebas dari intervensi orangtua.
Sekolah mengajarkan kemandirian kepada siswa agar tidak bergantung kepada orang lain, karena selama di sekolah orang tua tidak diperkenankan untuk mengatur kehidupan anaknya. Dirumah, orang tua yang menjadi contoh anak dalam segala kondisi, yang membimbing dan mengarahkan anak untuk memiliki kepribadian yang baik dan sesuai dengan pribadi sang anak.Dalam memecahkan permasalahan dan menjadi teman dalam suka dan duka.Pribadi anak tersebut akan terus berkembang dengan dukungan pendidikan di sekolah. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang berkepribadian hebat.Semoga bermanfaat...


salam,
dwh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar